WHAT'S NEW?
Loading...

Perkembangan Teknologi


Jika berbicara tentang teknologi pasti kita tak akan pernah lepas dengan yang namanya ilmu pengetahuan. Ilmu pengetahuanlah yang memandu kita ke jalan perkembangan teknologi yang amat pesat  ini. Tidak dipungkiri perkembangan teknologi berkembang secara drastis dan terus berevolusi hingga sekarang dan semakin mendunia. Dari yang dulu bertemu harus melakukan perjanjian lewat surat menyurat, sekarang tak perlu membuang-buang kertas untuk surat menyurat karena sekarang jika anda punya smartphone pastilah ada yang namanya " Short Massage Service" atau bahkan anda juga bisa berkomunikasi secara lisan dengan handphone anda, yang setiap saat anda bisa mengirim pesan ke nomor yang ingin anda tuju.






Zaman yang semakin modern ini, teknologi sudah menjadi kebutuhan hidup yang mengakar didalam diri setiap insan. Lalu bagaimana cara mengklasifikasikan perkembangan teknologi itu? 




Secara sederhana perkembangan teknologi dapat kita klasifikasikan menjadi tiga bagian yang paling mendasar, yakni:

  • Perkembangan teknologi yang bersifat netral (neutral technological progress). Terjadi bila tingkat pengeluaran (output) lebih tinggi dicapai dengan kuantitas dan kombinasi faktor-faktor pemasukan (input) yang sama.

  • Perkembangan teknologi yang hemat tenaga kerja (labor-saving technological progress). Perkembangan teknologi yang terjadi sejak akhir abad kesembilan belas banyak ditandai oleh meningkatnya secara cepat teknologi yang hemat tenaga kerja dalam memproduksi sesuatu mulai dari kacang-kacangan sampai sepeda hingga jembatan.

  • Perkembangan teknologi yang hemat modal (capital-saving technological progress). Fenomena yang relatif langka. Hal ini terutama disebabkan karena hampir semua riset teknologi dan ilmu pengetahuan di dunia dilakukan di negara-negara maju, yang lebih ditujukan untuk menghemat tenaga kerja, bukan modalnya.
Perkembangan teknologi memang penting untuk menunjang kehidupan manusia jaman sekarang. Di banyak belahan masyarakat, teknologi telah membantu memperbaiki ekonomi, sosial, dan masih banyak lagi.

Di Indonesia sendiri perkembangan teknologin bisa dikatakan tumbu cepat, hal ini terlihat dengan banyaknya inovasi dari produsen teknologi lokal dan produsen teknologi luar. Hanya dengan beberapa tahun saja handphone, laptop, jaringan jual beli online, jaringan tiket transportasi, alat pendekteksi posisi, alat transportasi, teknologi pertanian dan kelautan, teknologi pemberdayaan hewani  dan lain sebagainya sudah bisa menggerakkan perekonomian bangsa Indonesia. Namun, menurut mantan Menteri dan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional, Armida Alisjahbana, kemajuan teknologi di Indonesia sendiri masih lemah. Ada beberapa indikator yang membuktikan rendahnya tingkat teknologi di Indonesia, seperti kurangnya kontribusi ilmu pengetahuan dan teknologi di sektor industri, sinergi kebijakan masih lemah, dan sedikitnya jumlah ilmuwan di Indonesia. 

Jika dipelajari lebih dalam memang pendapat mantan menteri dan kepala badan perencanaan pembangunan nasional dapat dijadikan evaluasi untuk kebijakan publik kedepannya. Masih lemahnya support dan minimnya dana dari pemerintah untuk riset teknologi lebih lanjut juga tidak bisa dijadikan alasan untuk mundur menjadi bangsa yang tingkat perkembangan teknologinya. Justru kendala itu yang harus kita rubah memotivasi kita menjadi salah satu ilmuan di Indonesia.

Kembali pada perkembangan teknologi di Indonesia, sebenarnya Indonesia mempunyai sumber daya alam dan sumber daya manusia yang cukup mempuni. Jika anda tidak percaya, mari kita buktikan

  1. Pesawat "Gatot Kaca" buatan bapak B.J. Habibie
  2. PT. Inka (Industri Kereta Api) Madiun yang telah bisa memproduksi gerbong dan lokomotif kereta api sendiri
  3. Bapak Onno Widodo Purbo, yang dikenal  mendesain RT/RW-net, sebuah solusi internet berbasis komunitas bagi masyarakat miskin dan pedalaman.
  4. PT. Pindad yang dapat memproduksi Panzer yang bernama "Anoa Indonesia Panzer" dan banyak alutsista lainnya
Pesawat Gatot Kaca N-250

Panser Anoa produksi PT PINDAD

Kereta railbus BATARA KRESNA buatan PT INKA





Dan masih banyak lagi teknologi yang dihasilkan bangsa ini. Namun yang harus kita pegang teguh, jangan pernah menjadikan teknologi sebagai alat pengendalimu, tapi jadikanlah teknologi sebagai teman yang menjadikanmu menjadi lebih baik. Terima kasih atas kunjungannya, kritik dan saran yang membangun selalu kami nantikan 


Sumber referensi : 
http://www.artikelbagus.com/2013/09/perkembangan-teknologi.html
http://dellasophia312.blogspot.com/2014/11/tugas-perkembangan-teknologi-di.html
http://www.kompasiana.com/andhikaheru/lokomotif-canggih-buatan-pt-inka_552e33566ea834cd1d8b4588

0 komentar:

Posting Komentar